Prospek Teknologi Pendidikan, Bisa Jadi Apapun!

Prospek Teknologi Pendidikan? Prospeknya nanti bagaimana? Ternyata masih banyak orang awam yang belum mengetahui apa peran teknologi pendidikan selama ini, termasuk saya kala itu. Ketahuilah, bahwa teknolog pendidikanlah akar atau roda dari suatu pendidikan. Dibalik sekolah, universitas atau suatu lembaga yang maju pasti ada sosok dari teknolog pendidikan.

Kenapa Teknologi Pendidikan?

Teknologi Pendidikan adalah pilihan pertama saya ketika ujian mandiri. Alasannya karena program studi ini terdapat kata teknologi tetapi dalam rumpun soshum. Artinya pasti banyak belajar tentang teknologi walaupun dalam lingkup pendidikan. Walaupun saya dari SMK teknik komputer jaringan bukan berarti tidak ada sangkut pautnya. Teknologi Pendidikan adalah ilmu dari berbagai bidang, jadi semua bisa mampelajarinya.

Baca: Seberapa Pentingkah Passion Dalam Memilih Jurusan Kuliah

Prospek Teknologi Pendidikan

Sebagian besar orang mengira bahwa teknologi pendidikan adalah calon guru TIK, semua itu salah besar. TP walaupun terdapat kata pendidikan tidak dididik untuk menjadi calon guru, tetapi diciptakan untuk menjadi ahli dalam tenaga kependidikan. Hakekatnya seorang teknolog pendidikan memiliki tugas terwujudnya berbagai pola pendidikan dan pembelajaran dengan dikembangkan dan dimanfaatkannya aneka sumber, proses dan sistem belajar sesuai dengan kondisi dan kebutuhan, menuju terbentuknya masyarakat belajar dan berpengatahuan.

Sekarang ini, telah banyak lulusan TP mengabdikan dirinya sebagai pengelola, perencana, pengembang, pembuat, penilai dan pengguna sistem dan komponen pembelajaran di Departemen/Lembaga Negara, TNI/Kepolisian, di perguruan tinggi, Lembaga Diklat, maupun Lembaga Media (seperti TVRI, RCTI, SCTV, TransTv dan lain-lain), adapula yang berwirausaha dalam pelatihan atau berwiraswasta dalam produksi media dan sarana pendidikan.

Artinya teknologi pendidikan sebagai tenaga kependidikan bukanlah hanya disekolah. Tetapi, sangat terbuka disetiap lembaga baik negeri maupun swasta. Dengan kata lain kita bisa menjadi apapun dengan teknologi pendidikan. Dengan menguasai ilmu dan konsep dari teknologi pendidikan itu sendiri, kita pasti bisa menggapai semua mimpi yang kita inginkan. Jadi jangan takut memilih teknologi pendidikan.

Belajarnya apa saja?

Jika anda menyukai IT tetapi anda tidak menyukai pelajaran eksak, tidak salahnya anda memilih Teknologi Pendidikan sebagai pilihan program studi. Karena disini kita pasti akan belajar tentang teknologi, namanya juga TP.  Pada hakikatnya Teknologi Pendidikan memiliki objek forma yaitu Belajar. Semua yang berkaitan dengan proses belajar dan pembelajaran akan dipelajari di jurusan ini.

Mahasiswa akan dibekali dengan beberapa mata kuliah seperti Pengembangan Kurikulum, Pengembangan Media Pembelajaran, Desain pembelajaran, E-learning, Design Grafis, dan juga yang berkaitan dengan pengembangan sumberdaya manusia seperti pengembangan program diklat, Training Needs Analysis, Evaluasi Program, Pengembangan Sumberdaya Manusia, Belajar dan kinerja, dan lainnya.

Yang pada intinya, lulusan Teknologi Pendidikan diharapkan akan mampu merancang, mendesain, memproduksi, penerapan/pemanfaatan segala bentuk pembelajaran yang lebih baik sesuai dengan kemajuan tekonologi dan modernisasi saat ini.

“Sekolah memanglah tempat untuk pembelajaran. Tetapi tempat pembelajaran bukanlah hanya di Sekolah”

4 thoughts on “Prospek Teknologi Pendidikan, Bisa Jadi Apapun!

  1. Mayang Sari says:

    Wah sangat memotivasi kak, sama kak aku juga kerja skrg dan tahun 2019 inshallah ingin ikut sbm dan um UNJ. Kak tips apa biar bisa lolos masuk ptn kak?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.