Seberapa Pentingkah Passion Dalam Memilih Jurusan Kuliah

Passion. Banyak anak lulusan SMA/SMK sederajat bingung ketika hendak memilih program studi di Perguruan Tinggi. Alasannya bermacam-macam. Ada yang tidak tahu passionnya dimana, ada takut akan prospek kerja setelah lulus dari perguruan tinggi tersebut, bahkan ada juga yang sudah tahu passionnya dimana, tetapi tidak mampu menggapai jurusan tersebut di Universitas favorit Indonesia. Program studi di Perguruan tinggi memang bervariasi, tergantung kita akan memilih jurusan mana yang diinginkan. Karena jurusan di perguruan tinggi inilah yang akan menjadi bekal ilmu dimasa yang akan datang.

Apa itu Passion?

Sebenarnya memilih program studi di perguruan tinggi itu gampang-gampang membingungkan. Kalau kita tidak tahu kemampuan kita dimana, pasti akan sulit untuk memilih jurusan. Maka dari itu kenalilah dirimu dari sekarang. Passion dari tiap-tiap manusia sangat berbeda. Karena tiap-tiap manusia tersebut memiliki jutaan bahkan ribuan karakteristik yang berbeda dari dalam dirinya.

Passion adalah suatu kegiatan yang tidak akan ada matinya. Artinya seseorang itu akan terus menerus melalukan aktivitas tanpa ada paksaan ataupun perintah dari seseorang baik dimanapun dan kapanpun pasti melalukan aktivitas tersebut. Atau bisa dibilang sesuatu yang senang kamu lakukan atau kamu merasa senang saat melakukannya.

Banyak orang salah mengartikan dari kata Passion. Sebagian dari mereka menyangka bahwa passion adalah sebuah Hobbi. NO! Passion bukanlah sebuah hobbi. Kenapa? Karena Hobbi pasti akan ada waktu jeda nya. Ada juga sebagian yang menyebutkan bahwa passion adalah sebuah motivasi, profesi, pekerjaan, tujuan dan lain sebagainya. Sejatinya passion adalah bawaan batiniyah dari lahir, jadi setiap manusia pasti memiliki passion yang berbeda.

Kalau kita sudah menemukan passion, kita akan “do it” atau langsung melakukannya tanpa diperintah.

Apa Hubungannya Dengan Jurusan Kuliah?

Seperti yang saya ceritakan diawal paragraf, banyak anak yang masih bingung memilih jurusan atau program studi di perguruan tinggi. Solusinya kamu hanya perlu mengenali dirimu dari sekarang. Karena apa? Jika kita melanjutkan kuliah dengan program studi yang sesuai dengan passion kita, saya yakin kita pasti akan enjoy menjalani kuliah tersebut.

Lalu, bagaimana memilih jurusan yang sesuai dengan Passion kita?

Semua itu gampang, informasi mengenai universitas sudah tersebar luas di internet. Mulai dari profil, akreditasi, program studi, dan mata kuliah apa yang ada diprogram studi tersebut dan lain sebagainya semuanya ada diinternet. Yang harus kamu lakukan hanyalah mencari program studi yang memang mata kuliah di program studi tersebut sesuai dengan passion kamu atau yang akan membuat kamu senang apabila melakukannya. Apapun program studinya jangan takut memilihnya. Karena setiap jurusan atau program studi sudah memiliki prospek kariernya masing-masing. Dan apabila kamu bekerja dengan pekerjaan yang kamu senangi kamu akan merasa bahagia selama hidupmu. Jika ada pertanyaan mengenai passionmu dan jurusan dikuliah silahkan berkomentar dibawah ini.

4 thoughts on “Seberapa Pentingkah Passion Dalam Memilih Jurusan Kuliah

  1. Pingback: Teknologi Pendidikan, Bisa Jadi Apapun! - Sunandarid

  2. Tidak sedikit calon mahasiswa / mahasiswi yang akan melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah, sangat merasa kebingungan, karena tidak mengetahui passsion “kesenangan” dan kemampuan / yang ada dalam diri mereka. Dan tidak sedikit pula yang melanjutkan pendidikan dengan tidak mempertimbangkan mau apa mereka kelak setelah lulus kuliah.

  3. Tidak sedikit calon mahasiswa / mahasiswi yang akan melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah, sangat merasa kebingungan, karena tidak mengetahui passsion “kesenangan” dan kemampuan / yang ada dalam diri mereka. Dan tidak sedikit pula yang melanjutkan pendidikan dengan tidak mempertimbangkan mau apa mereka kelak setelah lulus kuliah.

  4. Pingback: Prospek Teknologi Pendidikan, Bisa Jadi Apapun! - Sunandarid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.