Sebelumnya tak pernah terbayangkan oleh saya bisa diterima di UNJ. Menjadi mahasiswa UNJ, menjadi bagian dari UNJ. Jujur saja, saya ingin sekali masuk Unpad atau UPI. Namun apa daya, seperti yang saya ceritakan di artikel saya “Pengalaman Gagal SNMPTN, Gagal SBMPTN 2015”. Tahun lalu saya gagal dalam seleksi PTN.

Tapi, perjuangan tak sampai disitu. Saya berkomitmen bahwa tahun 2016 saya harus mewujudkan bahwa saya bisa masuk PTN. Masuk PTN itu tak mudah, kita harus menyisihkan ratusan orang bahkan ribuan orang dalam satu program study yang dipilih. Kalau kita tidak memiliki persiapan yang matang, mental yang kuat, tekad yang membara mungkin hasilnya akan tak sesuai dengan keinginan kita.

Desember 2015

Diperjalanan yang panjang ini, saya mulai kembali membuka buku pelajaran SBMPTN 2016 yang saya beli di wangsit education pada bulan Desember 2015. Seperti biasa saya membeli rumpun soshum, karena ingin masuk rumpun soshum pastinya. Tak mudah memang belajar disela-sela bekerja. Karena tahun lalu saya masih bekerja. Terkadang letih, suntuk dan belajarpun terbengkalai. Sampai satu atau 2 bulan saya hanya mampu menyelesaikan membaca 1 buku saja. Artinya banyak waktu yang terbuang sia-sia saat itu.

April 2016

Tak terasa waktu terus berlalu, sampai diakhir bulan april pendaftaran SBMPTN resmi dibuka. Tetapi pelajaran saya belum tuntas saya baca. Saya tak langsung mendaftar, karena saya mengalami rasa gelisah apakah saya harus menjutkan kontrak pekerjaan apa memilih kuliah. Setelah berbincang-bincang dengan orang tua, saya putuskan untuk tetap ikuti SBMPTN tahun ini. Terkadang pilihan hidup memang berat, disaat kita berada di zona nyaman, memiliki teman-teman yang akrab kita harus meninggalkannya. Tapi pemikiran itu saya harus buang jauh-jauh, karena tujuan yang utama bukan itu. Ada impian besar yang harus saya capai. Itulah motivasi saya waktu itu.

Mei 2016

Dipertengahan bulan mei, saya mencoba mendaftar dengan pilihan seperti biasa Unpad dan UPI. Saya masukan pilihan Ilmu Informasi & Perpustakaan Unpad, Ilmu Ekonomi Keuangan Islam UPI, dan Ilmu Sejarah Unpad. Karena saya rasa itu sangat berpeluang, dan memang saya ingin masuk Ilmu Informasi & Perpustakaan Unpad. Setelah pendaftaran ditutup, saya terus mencoba mempelajari pelajaran sbmptn sampai tuntas sebelum hari H nya.

Pelaksanaan SBMPTN 2016

Ujian dilaksanakan jam 10 pagi, tapi saya berangkat dari rumah jam 8 lebih karena perjalanan cukup jauh. Jam 9 saya sampai dilokasi ujian, apa yang saya lakukan? Sholat dhuha. Demi menenangkan pikiran dan badan.

Waktu hampir menunjukan jam 10, saya bergegas ke ruangan kelas tetapi masih menunggu diluar sampai petugas mempersilakan masuk. Dan tibalah saya pada ujian. Untuk lembar jawaban itu tidak ada kesalahan seperti tahun lalu. Lalu saya membuka lembar soal satu persatu, jam ke 1 adalah tes potensi akademik. Soal lumayan berbeda dengan tahun lalu, cukup mudah tapi lumayan sulit. Saya hampir kehabisan waktu pada saat mengerjakan soal bahasa inggris, karena TPA di awal sudah menguras otak saya untuk berpikir. Waktu itu TPA saya kerjakan hampir semuanya, bahasa indonesia 11 soal saya isi, matematika 2 soal, inggris 3 soal. Ada perkembangan dari tahun lalu.

Berlanjut jam ke 2, materi ujian soshum. Saat membuka lembar soal saya sedikit kaget karena soalnya lumayan sulit. Tapi setelah saya membacanya 2 kali saya bisa memahami dan sedikit ingat dengan buku yang saya baca. Soal yang saya jawab lumayan banyak.Untuk sejarah 8 soal, geografi 8 soal, sosiologi 9 soal, dan ekonomi 8 soal.

Juni 2016

Waktu tunggu pengumuman sbmptn 1bulan, cukup lama memang. Selain SBMPTN, saya juga mengikuti ujian mandiri UMPTKIN, lokasi ujian waktu itu adalah UIN syarif jakarta. Karena pilihan pertama saya Ekonomi Syariah Uin jakarta dan kedua Manajemen Pendidikan Islam Uin Bandung. Waktu itu saya bekerja di Shift 2 malam, tanpa memikirkan lelah setelah pulang bekerja jam setengah 5 subuh saya langsung pergi ke terminal cikarang menuju UIN jakarta di ciputat bersama teman saya. Ujian dilaksanakan jam 7 pagi, dengan menahan rasa ngantuk saya mengisi soal ujian tersebut. Jujur saya tidak belajar sama sekali, waktu itu saya hanya mengandalkan keburuntungan saja.

Pengumuman SBMPTN

Pengumuman dibuka tanggal 28 Juni 2016 jam 17.00. Saya kali ini tidak terlalu mengharapkannya seperti tahun lalu, saya hanya berdoa apa yang terbaik. Setelah pulang bekerja jam 5 sore saya coba buka pengumuman sbmptn. Dan apa yang terjadi saya GAGAL! GAGAL! GAGAL! Lagi. Bayangkan, Saya dinyatakan TIDAK DITERIMA seleksi SBMPTN 2016. Sebenernya sedih tapi saya cuek, saya tidak mau kembali terpuruk. Saya pikir masih banyak jalan yaitu mandiri.

gagal-sbmptn

Juli 2016

Bulan juli ini banyak PTN membuka jalur mandiri, di antaranya SM-UNS, Penmaba UNJ, Penmaru UPNV Jakarta. Semua saya daftar. Selain PTN saya juga mendaftar di PTS namun hanya beberapa saja yaitu IKOPIN Jatinangor, JPA2 Telkom University, UNJANI dan UNISBA.

Pengumuman UMPTKIN

Awalnya sata tidak terlalu berharap dengan umptkin ini, tetapi setelah saya dinyatakan tidak diterima pada sbmptn saya mensyukuri apabila saya diterima lewat jalur ini. Tetapi rezeki saya masih bukan disini. Saya dinyatakan TIDAK DITERIMA pada jalur ini. Saya bernapas dalam-dalam dan mengelus dada untuk menenangkan diri saja.

Gagal UMPTKIN

Ujian Penmaba UNJ 2016

Perjuangan belum selesai, saya memberikan harapan dengan UNJ. Pendaftaran Penmba UNJ dibuka dari tanggal 16 mei sampai 11 juli. Dan saya mendaftar pada tgl 4juli setelah pengumuman SBMPTN. Pilihan pertama saya masukan Teknologi Pendidikan dan pilihan kedua saya pilih Pendidikan Geografi. Demi mengikuti tes ini saya belajar dengan Buku Soal Persiapan Penmaba UNJ 2016/2017 yang saya beli diweb sikamala.com. Bukunya lumayan tebal dan persiapan cuma 1 minggu tapi saya coba untuk melahapnya. Tanggal 23 Juli adalah dilaksanakannya Penmaba UNJ. Lokasi tes waktu itu di SMAN 68 Jakarta. Pukul 9 sembilan saya sudah sampai dilokasi ujian, dan untuk menunggu waktu serta menenangkan hati saya pergi ke masjid untuk sholat dhuha.

Singkat cerita, pelaksanaan tes berlangsung, jam ke 1 adalah kemampuan dasar. Semua soal saya kerjakan, termasuk matematika yang menurut saya paling sulit dan tidak dimengerti. Karena tidak ada plus minus dalam penilaiannya. Berlanjut jam ke 2 adalah kemampuan soshum, sama seperti sebelumnya saya jawab semuanya. Untuk soshum ini soal nya banyak kembar dan mirip dengan buku yang saya beli di sikamala kemarin.

Pengumuman SM-UNS

Masih ada jalan menuju roma, 27 Juli adalah pengumuman SM-UNS. Saya hanya coba-coba saja mengikuti SM-UNS ini, karena ditentukan dari nilai SBMPTN. Pengumuman dibuka jam 2 siang, tapi saya membukanya jam 5 sore setalah pulang bekerja. Dan hasilnya masih Nihil, lagi-lagi TIDAK DITERIMA. Masih tetap semangat walau terus-terusan jatuh.

Ujian Penmaru UPNV Jakarta

Seminggu yang lalu adalah pelaksanaan PENMABA UNJ, dan minggu ini tanggal 31 juli saya mengikuti ujian mandiri di UPNV Jakarta. Saya mendaftar dirumpun campuran pilihan pertama saya Sistem Informasi dan kedua Ilmu Komunikasi. Ujian disini cukup unik, anehnya walaupun saya campuran tapi ujian sesi ke 1 untuk kemampuan dasar itu soalnya TKPA soshum dan sesi kedua benar TKDU campuran. Saya tidak tahu mengapa entah ada kesalahan teknis atau tidak. Tapi saya kerjakan soal di ujian penmaru ini lumayan banyak.

Agustus 2016

IKOPIN Jatinangor

Bulan agustus sangat mendebarkan bagi saya, karena jalur masuk S1 PTN sudah ditutup semua tapi saya belum juga dinyatakan diterima. Saya tidak mau gagal lagi ditahun ini, saya coba mendaftar walaupun di PTS. Karena target saya tahun ini adalah kuliah. Pertama Saya mendaftar di Institut Manejemen Koperasi Indonesia (IKOPIN) Jatinangor dengan pilihan Manajemen dan Ekonomi Syariah.

Seminggu setelah daftar saya mendapat email dari IKOPIN bahwa saya dinyatakan DITERIMA di program studi Manajemen. Dan harus mendaftar ulang paling lambat tanggal 12 agustus untuk mengikuti seleksi beasiswa penuh. Sempet senang waktu itu karena ada sedikit kepastian dan akan mendapat beasiswa. Tapi saya sedikit cemas waktu itu, IKOPIN masih awam ditelinga orang. Saya sedikit ragu dan setelah sholat istiqarah, saya putuskan untuk menunggu pengumuman dan UNJ dan UPNV Jakarta.

UNISBA Bandung

Saya juga mencoba mendaftar di Universitas Islam Bandung jalur PMDK dengan program studi Statistika. Yang saya tahu Unisba ini adalah PTS terbaik dibandung dan peringkat 32 nasional PTN/PTS. Kenapa saya memilih UNISBA karena saya ingin sekali kuliah dibandung yang suasanya sejuk.

Pengumuman PENMABA UNJ

Tepat hari selasa 9 agustus 2016 adalah hari dimana pengumuman dari penmaba UNJ. Ingat sekali waktu itu ketika saya pulang bekerja shift 2, paginya saya mengalami kecelakaan dijalan. Karena mengantuk, saya menyerempet trotoar jalan raya. Saya tergelincir dan terpental, lumayan parah lukanya saat itu dilutut dan tangan. Saya pikir hari itu adalah hari tersial saya. Saya tidak memikirkan apapun selain rasa sakit, termasuk hari ini adalah pengumuman penmaba UNJ.

Saya ingat itu ketika bangun tidur jam setengah 3 sore. Bahwa hari ini pengumuman penmaba UNJ, saya langsung mencari handphone saya. Saya mencoba membuka facebook terlebih dahulu, sudah ramai ternyata ada yang diterima ada yang gagal. Dengan pikiran yang tenang, saya mencoba mengakses situs penmaba tapi waktu itu situs down karena terlalu banyak mengaksesnya. Lalu saya tunda sampai jam setengah 5 sore, dan membukanya kembali. Perlahan-lahan situs bisa terakses dan saya mengetikan nomor ujian saya. Dan apa yang terjadi.

diterima-unj

Sontak saya langsung sujud syukur waktu itu. Entah bagaimana pun ini adalah perjuangan saya. Seneng, sedih, terharu. Langsung saya menemui ibu saya untuk memberikan kabar baik. Saya hanya bisa berterima kasih kepada Allah karena telah menjawab doa-doa saya.

Pengumuman UPNV Jakarta

Setelah pengumuman Penmaba UNJ tanggal 9 agustus, kini tanggal 11 agustus adalah pengumuman Penmaru UPNV Jakarta. Saya mencoba membukanya pada jam setengah 2 malam, karena waktu itu sedang istirahat jam kerja. Saya membuka lewat handphone saya, dan memasukan nomor peserta. Dan lagi-lagi alhamdulillah, saya DITERIMA di program studi Sistem Informasi. Senang bersyukur kepada Allah telah melimpahkan karunianya.

Pengumuman PMDK Unisba

Dan tanggal 13 agustus adalah Pengumuman Unisba bandung. Sebelumnya tak pernah berharap pada unisba karena jalur pmdk ini hanya untuk lulusan 2016, tetapi saya mencoba-coba saja untuk mendaftar. Pengumuman pmdk unisba hari itu adalah minggu, saya mencoba membuka websitenya dan mengklik Pengumuman PMDK Gel.III. Lalu saya menscroll nya kebawah mencari program studi Statistika yang saya daftarkan. Dan disitu tertera

Lulus pmdk unisba

Alhamdulillah, ternyata LULUS. Sungguh luar biasa pada bulan agustus 2016 ini. Diterima 4 perguruan tinggi sekaligus adalah suatu yang sangat membanggakan bagi saya. Puji syukur selalu saya panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan saya rezeki nikmat yang begitu indah.

Tepat tanggal 15 Agustus 2016, saya putuskan untuk resign dari perusahaan saya bekerja. Dan memilih Universitas Negeri Jakarta dengan Program Studi Teknologi Pendidikan. Sebagai tempat saya mengemban ilmu selama 4 tahun kedepan. Saya mohon doanya kepada para pembaca agar saya bisa menyelesaikan studi saya di UNJ ini. Terima kasih, semoga kalian bisa terinspirasi dari perjuangan saya.

“Saya tunggu kalian di kampus perjuangan, kampus intelektual Universitas Negeri Jakarta. 🙂

Published by admin

Mahasiswa Teknologi Pendidikan 2016 Universitas Negeri Jakarta

Join the Conversation

22 Comments

  1. Ternyata ada perjalanan / kisah panjang yang di alami Anda, untuk bisa meningkatkan pendidikan.
    Namun, saya sangat kagum karena Anda tidak cepat berputus asa, dan tetap berniat melanjutkan pendidikan ke bidang yang jauh lebih tinggi.
    Terimakasih, sangat menginspirasi para pembaca.

    1. Karena dalam hidup saya pendidikan itu penting. Kita mau bisa jadi apapun dengan pendidikan. 🙂 terima kasih juga sudah berkunjung ke website saya 🙂

  2. Terharu ka baca ny T_T

    Kaka punya soal tes mandiri unj ga ya tahun kk, aku minta dong ka 🙁

  3. wih gan asal smk 1 Karawang. saya dari SMA 3 Karawang pengen banget ke UNJ tahun sekarang doain gan semoga lolos

  4. Kaka kpn beli buku itu? apa buku penmaba untuk tahun ini sudah keluar? kaka beli buku itu harganya berapa?
    Terima Kasih

    1. saya lupa kapan beli buku itu. kalo ga salah bulan juli 2016. saya kurang tau tahun ini keluar atau tidak. coba cek aja websitenya. harganya kalo ga salah sekitaar 150ribuan.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.