Perbedaan Komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok dan komunikasi massa memiliki perbedaan satu sama lain. Baik dari segi umpan balik, maupun dari segi proporsi antara isi, tujuan dan hubungan. Pada akhirnya akan memengaruhi perilaku komunikator dan komunikan dalam proses komunikasi. Perbedaannya bisa dilihat dari beberapa aspek, yaitu :

Komunikator

Dilihat dari aspek komunikator atau orang yang menyampaikan pesan tersebut, komunikasi interpersonal dilakukan secara antar individu atau diantara dua orang yang dapat diketahui langsung umpan baliknya. Komunikasi kelompok dilakukan antara beberapa orang dalam suatu kelompok kecil antara tiga orang atau lebih dengan tujuan yang telah diketahui. Sedangkan komunikasi massa dilakukan secara melembaga dan dikomunikasikan melalui media massa dengan bantuan teknologi.

Pesan

Aspek pesan atau apa yang dikomunikasikan oleh sumber kepada penerima, komunikasi interpersonal biasanya pesan yang disampaikan berupa hal yang personal saja atau pribadi. Tujuannya, misalnya menemukan diri sendiri ataupun dunia luar, membentuk atau menjaga hubungan, untuk bermain dan kesenangan, membantu maupun merubah sikap dan tingkah laku. Komunikasi kelompok bisa berupa diskusi, rapat atau pertemuan yang membahas mengenai ekonomi, politik, sosial, budaya, dan lain-lain. Sedangkan komunikasi massa berupa informasi dalam segala aspek yang bersifat umum.

Media

Alat atau media dalam berkomunikasi, komunikasi interpersonal menggunakan lisan atau tulisan. Komunikasi kelompok sama halnya interpersonal, menggunakan lisan atau tulisan atau bisa juga menggunakan OHAP atau projector untuk bahan komunikasi. Sedangkan komunikasi massa menggunakan televisi, radio, koran, majalah dan lain sebagainya.

Teknis

Teknis atau cara melakukan komunikasi tersebut, komunikasi interpersonal bersifat langsung tidak menggunakan media teknis, bersifat dua arah artinya ada interaksi antar para komunikan, bersifat tertutup atau personal atar individu, dan adanya umpan balik. Komunikasi sama hal nya dengan komunikasi interpersonal bersifat langsung, dua arah, terbuka antar anggota dan adanya umpan balik. Sedangkan komunikasi massa bersifat tidak langsung yaitu menggunakan media teknis, bersifat satu arah tidak adanya interaksi antara para komunikan, bersifat terbuka ditunjukan pada publik yang tersebar, tidak terbatas dan anonim, dan tidak adanya umpan balik.

Unsur yang terkandung

Unsur yang terkandung dalam komunikasi interpersonal lebih mementingkan unsur hubungan. Pesan tidak berstruktur, tidak sistematis, dan sukar disimpan atau dilihat kembali. Komunikasi kelompok lebih mementingkan unsur tujuan. Pesan ada yang berstruktur ada yang tidak, tergantung apa yang akan dikomunikasikan, dapat disimpan dan disimpulkan dengan ditulis atau direkam. Sedangkan komunikasi massa lebih mementingkan isi. Pesan berstruktur, dapat disimpan, diklasifikasi, dan didokumentasikan.

Published by admin

Mahasiswa Teknologi Pendidikan 2016 Universitas Negeri Jakarta

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.