Pengertian KURIKULUM dan Istilah-Istilahnya

Pengertian kurikulum dalam bahasa latin adalah curere yang artinya berlari cepat. Curriculum diartikan sebagai jarak yang harus ditempuh pelari mulai dari start hingga finish. Sedangkan kurikulum dalam pendidikan diartikan sebagai sejumlah mata pelajaran yang harus ditempuh dan dilaksanan oleh siswa untuk mendapatkan ijazah. Pengertian dari kurikulum itu sendiri sangatlah banyak, dan berikut ini pengertian kurikulum menurut para ahli :

  1. Kamus Webster’s (1857), Curriculum adalah sejumlah mata pelajaran yang harus ditempuh oleh siswa untuk kenaikan kelas atau mendapatkan ijazah.
  2. Robert Zais (1976), Curriculum adalah sejumlah mata pelajaran atau ilmu pengetahuan yang harus ditempuh oleh siswa untuk mencapai suatu tingkat tertentu atau untuk memperoleh ijazah.
  3. William B. Ragan (Modern Elementary Curriculum, 1963), Curriculum adalah segala sesuatu yang diperoleh anak dibawah tanggung jawab sekolah.
  4. Beauchamp (1964;4), Curriculum adalah semua kegiatan anak didik yang direncakan dan disediakan oleh sekolah.

Dari pengertian para ahli diatas dapat kita simpulkan, bahwa apapun suatu kegiatan, selagi itu direncakan oleh sekolah disebut KURIKULUM. Seperti yang dikatakan J.Galen Saylor and William M. Alexander bahwa :

The Curriculum is the sum total of schools efforts to influence learning. Whether in the classroom, on the playground, or out of school.

Jadi, kurikulum adalah upaya sekolah untuk mempengaruhi proses pembelajaran. Baik itu didalam kelas, tempat bermain ataupun diluar sekolah. Dan untuk memastikan itu kurikulum atau bukan, kita berunjuk pada pengertian Soedijarto, yang menyatakan bahwa semua pengalaman dan kegiatan belajar yang direncanakan dan dilaksanakan untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan oleh suatu lembaga. Artinya jika ada tujuan dalam proses pendidikan itu maka disebutlah sebagai kurikulum.

Istilah-Istilah Kurikulum

Diindonesia terdapat banyak istilah-istilah kurikulum. Karena di indonesia seringkali kurikulum itu berubah-ubah, dan ada celetukan “Ganti Menteri, Ganti Kurikulum”, sangat disayangkan jika hal itu terjadi. Sering berubahnya kurikulum di indonesia itu mungkin terdapat beberapa faktor pemicu, mungkin saja diantara untuk memperbaiki sistem kurikulum yang sebelumnya telah dibuat dan dilaksanakan untuk lebih relevan. Akan tetapi harusnya kurikulum itu dibuat seideal mungkin agar tidak terus menerus kurikulum itu diganti, agar pendidikan di indonesia ini stabil dan terus meningkat. Dan berikut adalah istilah-istilah kurikulum yang ada di indonesia :

  1. Kurikulum Inti adalah pendidikan umum yang ditetapkan sebagai rangkaian didefinisikan program interdisipliner yang harus diambil oleh semua mahasiswa yang terdaftar dalam program gelar disebuah institusi.
  2. Kurikulum Institusi adalah kurikulum disuatu sekolah pada tingkat institusi (biasanya dikenal dengan sebutan Buku 1).
  3. Kurikulum Utuh adalah Kombinasi antara kurikulum inti dan kurikulum institusional.
  4. Kurikulum Muatan Lokal adalah pedoman penyelenggaraan proses belajar mengajar (PMB) yang ditetapkan oleh daerah sesuai dengan keadaan dan kebutuhan daerah yang bersangkutan. Yang berisikan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan dalam penyajian bahan itu dalam PMB.
  5. Hidden Kurikulum adalah hasil (sampingan dari pendidikan dalam latar sekolah atau luar sekolah, khususna hasil yang dipelajari tetapi tidak secara tersurat dicantumkan sebagai tujuan.
  6. Intra Kurikulum adalah kegiatan siswa disekolah atau mahasiswa dikampus yang sesuai atau sejalan dengan komponen kurikulum.
  7. Ko Kurikuler adalah rangkaian kegiatan kesiswaan yang berlangsung disekolah.
  8. Ekstra Kurikuler adalah kegiatan yang dilakukan siswa disekolah atau universitas, diluar jam belajar kurikulum standar
  9. KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) adalah kurikulum operasional yang disusun, dikembangkan, dan dilaksanakan oleh setiap satuan pendidikan dengan memperhatikan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang dikembangkan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP)
  10. KKNI (Kurikulum Kualifikasi Nasional Indonesia) adalah kerangka penjenjangan kualifikasi kompetensi yang dapat menyandangkan, menyetarakan, dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja serta pengalaman kerja dalam rangka pemberian pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan struktur pekerjaan diberbagai sektor.

Dan itulah berbagai istilah kurikulum yang ada di indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.