Message Design: Apa itu Pesan Desain?

Message Design? Apa itu Message Desain atau Pesan Desain ?. Dalam proses pembelajaran pasti dibutuhkan komunikasi. Jika tidak ada komunikasi tujuan dari pembelajaran itu sendiri tidak akan pernah tercapai. Proses komunikasi terjadi bila ada sumber yang memberikan pesan dan ada penerima pesan. Komunikasi tersebut harus diciptakan sedemikian rupa sehingga pesan yang disampaikan dalam bentuk materi pembelajaran dapat bener-benar efektif dan efisien. Dalam teori komunikasi, Message Design atau Desain Pesan adalah salah satu contoh proses menspesifikasi kondisi untuk pembelajaran.

Apa itu Message Design?

Menurut Grabowski (1991:206), Message Design atau Desain Pesan adalah suatu perencanaan untuk menjadikan bentuk fisik dari pesan. Atau dalam bahasa sederhananya “pesan dalam bentuk fisik”. Bisa berupa foto, video, ataupun desain komputer dan lain sebagainya.

Komponen dan Prinsip dalam Message Design

Rune Pettersson (2013) menjelaskan bahwa komponen utama dalam desain pesan adalah kata-kata, visual dan bentuk. Komponen-komponen utama ini dapat digunakan dalam berbagai cara unik untuk menghasilkan, mentransmisikan dan menafsirkan pesan dari berbagai jenis dalam situasi komunikasi tergantung pada tujuan dari pesan itu sendiri. Prinsip-prinsip yang harus diperhatikan dalam mendesain suatu pesan adalah motivasi (dorongan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu), perhatian (semakin memperhatikan semakin berhasil, semakin tidak memperhatikan semakin gagal), persepsi dan daya serap agar pesan tersebut dapat diterima dan dipahami oleh penerima pesan.

Konsep dan Tujuan Message Design

Ada batasan-batasan untuk mendesain suatu pesan, seperti Fleming dan Levie (1993) membatasi pesan kedalam pola sinyal atau simbol yang memodifikasi perilaku kognitif (mental), afektif (sikap) dan psikomotor (skill). Artinya konsep yang dibuat juga harus disesuaikan dengan tugas pembelajarannya yaitu apakah untuk pembentukan mental atau sikap, pengembangan keterampilan, ataupun hafalan. Dalam hal ini, maka perancang pesan akan memegang kontrol sepenuhnya didalam pemilihan, pengolahan, penyusunan, dan pengurutan tanda-tanda dan simbol simbol baik kata, tulisan atau gambar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.