Indonesia merupakan Negara kepulauan terbesar dengan 17.000 pulau yang mengisi wilayahnya. Selain itu, Indonesia juga merupakan negara dengan yang memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah, namun sangat disayangkan bahwa dibalik kekayaan alam yang melimpah tersebut Indonesia masih banyak mengalami masalah – masalah lingkungan hidup yang bisa dibilang cukup parah. Masalah-masalah tersebut diantaranya:

1. Masalah Pencemaran Sungai

Di Indonesia, masalah lingkungan yang sering mendapatkan perhatian serius adalah pencemaran air disungai yang disebakan oleh bahan kimia berbahaya industri. Pencemaran tersebut merupakan ulah perbuatan manusia yang kurang memiliki kesadaran akan lingkungan bersih. Contohnya masih banyak masyarakat indonesia yang membuang sampah seenaknya ke sungai, industri yang membuang limbahnya ke sungai yang membuat sungai itu menjadi terkontaminasi, tersumbat, kotor dan tercampur oleh zat-zat kimia.

Sungai yang memang seharusnya digunakan sebagai mata air untuk kehidupan, tetapi tidak dilestarikan keberadaanya. Sebagai gambaran adalah Sungai Citarum yang pada 2010 silam, sempat mendapatkan gelar “Sungai Paling Tercemar di Dunia” oleh situs online terbesar di Amerika Serikat, huffingtonpost.com. Pun oleh Blacksmith Institute dan Green Cross Swiss (2013) yang memasukkan Sungai Citarum dalam “Top Ten Toxic Threats in 2013”. Sungai yang menjadi urat nadi bagi sekitar 5 juta penduduk tersebut memiliki lebih dari 500-an pabrik di kanan-kirinya yang berlomba-lomba membuang limbahnya ke Sungai Citarum.

2. Masalah Polusi Udara

Polusi udara di Indonesia juga memprihatinkan, banyak polusi udara yang disebabkan oleh asap kendaraan bermotor yang sangat tidak baik jika kita hirup karena mengandung zat berbahaya, yaitu loga timbel (Pb) dan gas karbon monoksida (CO). Yang mana jika kita hirup dalam kadar tinggi dapat menyebabkan kerusakan otak, cacat mental pada anak-anak dan iritasi pada saluran pernafasan pada orang dewasa.

Polusi udara ini bisa dikatakan disebabkan oleh pertumbuhan kepimilikan kendaraan bermotor yang semakin tinggi. Bayangkan jika 50% (mungkin lebih) dari penduduk indonesia memiliki kendaraan bermotor, berapa banyak polusi udara yang akan tercemar.

Ada pula kasus kebarakan hutan yang terjadi belakangan kemarin di Indonesia, contohnya kebarakan hutan di Riau. Kebakaran ini berdampak sangat besar terhadap manusia dan mahluk hidup lainnya baik berdampak langsung, dampak ekologis, dampak ekonomi, dampak kesehatan atau dampak sosial.

3. Masalah Pengelolaan Hutan

Masalah pengelolaan hutan juga salah satu masalah lingkungan yang ada di Indonesia ini. Diantaranya Alih fungsi hutan lindung ke lahan pertanian atau perkebunan, penebangan liar, dan pertambangan yang dinilai mengancam kehidupan disekitarnya. Jika hal ini terjadi maka 10 hingga 20 tahun ke depan lahan hutan tersebut akan ambrol, dikarenakan saat musim penghujan, tanah-tanah di pegunungan yang mestinya diikat kuat jutaan pohon akan ikut larut ke bawah bersama air. Dan jika musim kemarau, maka akan terjadi kekeringan karena air tidak diikat lagi dalam kantong pohon hutan tersebut.

Imbasnya yaitu sudah banyak terjadi di Indonesia akhir-akhir ini yaitu banjir, longsor ketika musim penghujan, dan kekeringan saat musim kemarau.

4. Masalah Pengelolaan Laut

Salah satu masalah lingkungan di indonesia adalah salahnya dalam pengelolaan laut yang tidak terkontrol. Diantaranya penangkapan ikan berlebih, penangkapan ikan dengan cara dibom dan pencemaran air laut karena tumpahan minyak. Penangkapan ikan berlebih dan tidak terkendali mengancam punahnya populasi ikan tersebut,  contohnya adalah ikan tuna. Ikan tuna di wilayah perairan Indonesia semakin mengkhawatirkan. Alasannya adalah karena penangkapan berlebihan termasuk di dalamnya karena praktik pengkapan ikan secara illegal.

Lalu pengangkapan ikan secara di bom, yang membuat karang-karang yang ada di laut indonesia menjadi hancur dan rusak, sehingga tidak dapat kita manfaatkan keindahannya. Selain itu ada pula air laut tersebut tercemar karena tumpahan minyak yang akan menyebabkan terganggunya organisme yang ada diperairan laut indonesia.

5. Masalah Eksploitasi Alam Yang Berlebihan

Eksploitasi alam yang berlebihan seperti pertambangan juga termasuk masalah lingkungan, karena dampak setelah penambangan itu yang sangat merugikan bagi lingkungan di indonesia. Contohnya PT. Freeport Indonesia yang memang sudah berpuluh-puluh tahun mengeksploitasi alam indonesia yang berada di papua, membuat matinya sungai Aijkwa, Aghawagon dan Otomona, tumpukan batuan limbah tambang dan tailing yang jika ditotal mencapai 840.000 ton serta matinya ekosistem di sekitar lokasi pertambangan merupakan fakta kerusakan dan kematian lingkungan yang nilainya tidak akan dapat tergantikan.

Upaya Yang Dilakukan Untuk Mengatasi Masalah Lingkungan di Indonesia?

Sebagai negara yang memiliki ideologi pancasila, seharusnya setiap tindakan dan perbuatan kita haruslah tercermin dalam setiap sila dalam pancasila tersebut. Yaitu;

1. Ketuhanan Yang Maha Esa

Setiap agama pasti mengajarkan kita untuk hidup bersih, pola hidup sehat dan menjaga lingkungan disekitar. Seperti halnya diagama islam bahwa kebersihan itu sebagian dari iman. Jika kita beriman seharusnya kita tahu bahwa menjaga kebersihan, tidak membuang sampah sembarangan adalah hal terkecil untuk menjaga lingkungan indonesia.

2. Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab

Beradab. Kita sebagai manusia harusnya tau adab dalam menjaga lingkungan. Tidak semena-mena terhadap apa yang ada dilingkungan indonesia. Artinya tahu batasan, mana yang boleh mana yang tidak.

3. Persatuan Indonesia

Persatuan Indonesia diibaratkan gotong-royong. Kita harus mau bergotong royong dalam menjaga lingkungan disekitar kita. Seperti kerja bakti, memperbaiki saluran air agar lingkungan kita terawat, bersih, dan terjaga dari berbagai bencana alam.

4. Kerakyatan Yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan

Sebagai negara hukum, indonesia harus tegas menegakkan kebijakan-kebijakan dalam memerangi kerusakan alam atau lingkungan. Ada perbuatan ada aturan, jadi siapa yang merusak lingkungan ada aturan hukum yang diberikan.

5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Keadilan sosial artinya kita harus adil dalam melestarikan lingkungan ini, menegor apabila masyarakat membuang sampah sembarangan karena dampak dari membuang sampah itu sendiri akan terkena bagi masyarakat disekitar.

Kesimpulan

Dari berbagai uraian di atas saya dapat menarik kesimpulan bahwa masalah dilingkungan indonesia ini faktor utama nya dari pertumbuhan penduduk yang sangat tinggi. Karena semakin tingginya pertumbuhan penduduk maka semakin tinggi pula kebutuhan akan perilaku konsumsi, pola produksi dan distribusi sumber daya alam.

Tetapi seharusnya sebagai warna negara Indonesia yang memiliki ideologi Pancasila, kita wajib tahu bahwa melestarikan lingkungan itu penting demi menjaga keseimbangan alam. Jika kita telah merusaknya, kita berarti siap menerima murkanya alam.

Published by admin

Mahasiswa Teknologi Pendidikan 2016 Universitas Negeri Jakarta

Join the Conversation

7 Comments

  1. I have noticed you don’t monetize your blog, don’t waste your traffic,
    you can earn extra bucks every month because you’ve got high
    quality content. If you want to know how to make extra money, search for:
    Ercannou’s essential adsense alternative

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.