Landasan Pendidikan. Ini adalah catatan kuliah pertama saya di program studi Teknologi Pendidikan. Pada kali ini mata kuliah yang saya bahas yaitu Landasan Kependidikan. Sebelum jauh mengenal landasan kependidikan. Yang harus kita tahu, apa dan untuk apa sih materi landasan kependidikan itu dipelajari dikuliah? Kita bahas sedikit.

 

Apa itu Landasan Pendidikan?

Oke, yang pertama landasan kependidikan adalah dasar dari kependidikan. Biasanya materi kuliah landasan pendidikan ini hanya ada pada jurusan atau program studi yang memiliki embel-embel pendidikan didalamnya. Contohnya : Pendidikan PGSD, Pendidikan Luar Sekolah, Pendidikan Luar Biasa, dan lain sebagainya termasuk Teknologi Pendidikan sendiri. Biasanya sih di Fakultas Ilmu Pendidikan pasti ada mata kuliah Landasan pendidikan karena memang landasan pendidikan ini adalah dasar atau awal untuk menjadi seorang guru.

Lalu bagaimana dengan Fakultas MIPA? Fakultas Teknik? Fakultas Ilmu Sosial? dan lain sebagainya, karena didalam satu fakultas biasanya ada jurusan atau program studi murni dan ada pula jurusan atau program studi kependidikan. Seperti Pendidikan Matematika dan Matematika murni di Fakultas MIPA, Pendidikan Teknik Mesin dan Teknik Mesin di Fakultas Teknik, Pendidikan Geografi dan Geografi murni di FIS dan lain-lain. Nah, kembali keawal, dijelaskan diatas bahwa “Landasan Pendidikan” adalah dasar dari sebuah kependidikan. Jadi, sudah pasti jurusan atau program studi yang memiliki embel-embel kata “pendidikan” akan belajar mata kuliah ini. Tetapi tidak menutup kemungkinan juga jurusan lain atau program studi murni lainnya memiliki mata kuliah ini. Mungkin saja ya. Dan malah sebaliknya mungkin juga jurusan atau program studi kependidikan tidak memiliki mata kuliah ini. Semua tergantung kebijakan dari masing-masing universitasnya sendiri.

Sekarang, di mata kuliah landasan pendidikan ini belajarnya apa saja sih? Apa yang dibahas? Apakah rumit? Nah, untuk pemahaman landasan kependidikan kita lanjut diminggu depan. Karena mengingat kalau hari ini adalah kuliah perdana saya angkatan 2016. Ciee jadi maba. Jadi saya hanya baru belajar mengenal sedikit saja akan mata kuliah Landasan Kependidikan ini. Jika Penasaran? Kunjungi selalu blog ini, dan jangan lupa di subscribe.

Published by admin

Mahasiswa Teknologi Pendidikan 2016 Universitas Negeri Jakarta

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.